Tidak Bisa Registrasi Ke Web Client

Diposting oleh Pengasuh Gudeg Hati / Category:

Di posting sebelumnya telah saya paparkan bagaimana cara registrasi sebuah handheld yang didalamnya telah dipasangkan simcard enable blackberry. Dalam posting tersebut adalah contoh registrasi yang berjalan mulus, nah di posting kali ini saya akan membahas contoh registrasi ke webclient yang mengalami kegagalan.

Masih ingat kan, kita diharuskan mengisi PIN dan IMEI kita di www.nama_operator.blackberry.com? ini dia gambarnya :



kalau berjalan lancar setelah klik "continue" maka anda akan diminta untuk create user nama dan password.

Sekarang saatnya bahas yang ga lancar (Setelah masukkin PIN dan IMEI kemudian klik continue)

1. PIN dan IMEI Invalid



keterangan :
Notifikasi diatas bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu sbb :
-PIN dan IMEI yang anda ketikkan salah, pastikan imei tidak memakai titik, dan cek ulang informasi PIN dan IMEI anda di handheld > options > Status
- PIN dan IMEI anda tidak terdaftar di database RIM, bisa jadi PIN dan IMEI anda adalah PIN injectkan / PIN Suntik

2. An Account already exist




keterangan :
notifikasi tersebut muncul karena ada 2 hal
- Pin blackberry anda telah terdaftar di webclient operator. Biasanya terjadi pada pembelian unit blackberry 2nd. Dimana pemilik lama lupa belum melakukan release PIN ke operator yang digunakan. Release PIN adalah proses membebaskan PIN agar bisa didafarkan di webclient operator.
- Tidak sengaja melakukan pendaftaran lewat handheld. Kenapa? karena selain webclient, registrasi bisa dilakukan lewat menu "email setting" di handheld. Nah, coba anda cari icon tersebut di handheld anda, kalau sudah terdaftar otomatis anda akan auto login ke menu webclient. Kelemahan registrasi via "email setting" adalah keterbatasan akses. Anda hanya bisa membuka webclient lewat handheld saja, tidak bisa lewat browser di PC anda.

3. Service Account Suspended



Nah case ini cukup parah nih, PIN anda telah tersuspend oleh RIM. Solusi? Ga ada solusi legal untuk case ini. Kenapa saya bilang legal? karena dengan cara ilegal masalah PIN ini bisa diselesaikan (Contoh : PIN Klonning, PIN Inject, dsb). Warning : Sangat tidak dianjurkan, penulis termasuk yang setuju dengan "SAY NO TO PIN CLONNING".
Sebagai pembelajaran saja, kasus PIN Suspend banyak terjadi karena calon pembeli terbujuk dengan harga murah blackberry tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dahulu. Sebaiknya belilah handheld blackberry di operator atau penjual yang terpecaya (Memberikan Garansi PIN Suspend).

4. Blackberry Device Is Not Registered With Your Wireless Service Provider



Keterangan :
Case ini bisa terjadi karena 2 hal,
- Handheld blackberry anda belum teregistrasi ke service blackberry provider anda gunakan, coba lakukan langkah sbb :
  • Lepas baterai sekitar 1 menit
  • Cek signal indikator,
  • Jika masih gprs, edge atau 3g silakan lakukan test, pindah simcard anda ke handheld blackberry teman anda yang sudah aktif. Jika masih sama silakan hubungi operator anda, kemungkinan ada masalah provisioning.
  • Jika signalnya GPRS/ EDGE / 3G cobalah klik Optionspada handheld > Advanced Options > Host Routing Table > klik tombol menu > Register Now
  • Ulangi masukkan PIN dan IMEI anda ke WebClient
- Salah satu indikasi PIN Suspend, signal indikator sudah huruf kapital, namun gagal komunikasi dengan server.

Semoga bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar