How To Wipe Handheld : Hapus Semua Data Blackberry

Diposting oleh Pengasuh Gudeg Hati / Category:

Posting kali ini akan memberi penjelasan bagaimana cara menghapus data di blackberry (Email, Pengaturan, Phone Book, dsb) yang istilahnya lebih dikenal dengan "Wipe Handheld". Kalau di handphone biasa biasanya disebut "Master Reset".

Sebelum saya paparkan step - step nya, ada baiknya anda tau kenapa wipe handheld harus dilakukan pada handheld blackberry anda :

1. System / OS blackberry anda corrupt atau bermasalah.
Sebelum memutuskan untuk Wipe Handheld sebaiknya anda melakukan hardreset terlebih dahulu (lepas baterai kurang lebih 30 detik), apabila setelah hardreset system kembali normal maka tidak perlu dilakukan wipe handheld.

2. Untuk install fresh OS.
Para pecinta upgrade OS, sering melakukan proses Wiping untuk mendapatkan hasil installasi yang fresh (bukan update / timpa OS Lama).

3. Bila anda ingin menjual Handheld anda
Ketika suatu saat anda berniat menjual blackberry anda, nah agar data - data penting (email, nomer rekening, phone book, dsb) anda tidak terbaca oleh pembeli handheld anda, maka proses ini adalah cara termudah untuk menghapus data tersebut.

Warning : Lakukan backup data via Desktop Manager terlebih dahulu sebelum melakukan wipe handheld, Proses Wipe Handheld akan menghapus semua data di blackberry anda (kecuali data di memory card/ microSD). Do it with your ownrisk.

Langkah Wipe Handheld
1. Backup data anda terlebih dahulu melalui Desktop Manager
2. Masuk ke menu options > Security Options > General Settings



3. Klik Tombol Blackberry (menu), kemudian pilih "Wipe Handheld"



4. Akan keluar warning seperti tampak pada gambar di bawah, centang "Include third party applications" jika anda ingin menghapus aplikasi yang terinstall pada blackberry anda (Notes, proses backup pada langkah 1 di atas, tidak termasuk backup 3rd party applications, proses backup 3rd party application akan saya ulas di posting berikutnya). Jika hanya data seperti email, phone book, sms, mms, pengaturan saja yang ingin anda wipe, tidak usah dicentang kemudian klik tombol "Continue"



5. Anda akan diminta untuk mengetik kata "blackberry" sebagai konfirmasi. Tekan tombol back untuk membatalkan, atau enter untuk melanjutkan.



6. Handheld akan reboot dan melakukan proses wiping selama beberapa saat. Tunggu sampai selesai (proses kurang lebih 15 menit).

7. Restore file backup anda ke handheld.

Selamat mencoba.