JL Commander : Aplikasi Mini Multi Fungsi

Diposting oleh Pengasuh Gudeg Hati / Category:

Sebagian dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Ya, aplikasi yang banyak digunakan oleh blackberry users untuk wipe data dan mengembalikan handheld ke settingan bawaan pabrik.

Baiklah, mungkin langsung kita bahas saja 1 per 1 fungsi dari JL Commander.

Sebelumnya, download JL Commander dari sini
Caranya :

  • Download JL. Commander
  • Extract file xip hasil dari download
  • Run JL.Commander.exe
Cara penggunaan JL_Commander :

1. Open JL Commander dari desktop anda, setelah muncul tampilan di bawah, tekan sembarang tombol.



2. Ketikkan huruf "Y" kemudian enter jika anda menggunakan password di handheld blackberry anda, atau ketikkan huruf "N" jika tidak,



3. Masukkan password blackberry anda kemudian tekan enter, (*abaikan langkah ke tiga jika anda tidak menggunakan password)



4. Menu Utama JL_Commander



5. Ketikkan angka "1" kemudian enter untuk mengetahui informasi tentang handheld blackberry anda. Informasi akan muncul sebagai file note pad, meliputi versi OS, PIN, Vendor ID, IMEI dll.

6. Ketikkan angka "2" kemudian enter untuk melihat log activity dari handheld anda. Anda juga bisa sekaligus menghapus log tersebut pada menu ini.

7. Ketikkan angka "3" kemudian enter untuk mengambil screenshoot layar blackberry anda, setelah itu anda akan diminta menuliskan nama filenya, tekan enter, sesaat kemudian akan muncul windows dialog untuk simpan atau open file hasil screenshoot.

8. Ketikkan angka "4" kemudian enter untuk melakukan wipe handheld.

Warning
Wipe dengan JL_commander akan mengakibatkan seluruh data terhapus termasuk di dalamnya adalah OS blackberry anda. Setelah proses tersebut, saat dihidupkan handhled hanya akan berupa layar putih dengan tulisan "Error 507" dan anda tidak bisa masuk ke tampilan menu. Proses hanya biasa dilakukan saat handheld mengalami permasalahan misalnya : OS crash atau corrupt (error 503, error 523, dsb), system looping (handheld restart terus), tidak bisa masuk ke menu utama atau anda memang ingin melakukan fresh copy installations( Hapus OS lama, kemudian baru install OS baru).

Setelah proses wipe, agar anda bisa kembali menggunakan blackberry anda, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan installasi OS melalui loader.exe. (Step Ugpgrade OS akan dibahas kemudian)

Saat muncul gambar dibawah, ketik "Y" kemudian enter untuk melanjutkan, atau ketik "N" kemudian enter untuk membatalkan



Ketikkan kata "blackberry" untuk melanjutkan kemudian enter



Tunggulah beberapa saat, setelah selesai layar blackberry anda akan seperti ini (artinya : tidak ada operating system dalam blackberry anda) :




9. Ketikkan angka "5" kemudian enter untuk mengembalikan settingan blackberry anda seperti baru lagi. Menu ini juga sering dilakukan untuk menghapus fitur "IT Policy" pada sebuah handheld. APa itu IT Policy? biasa pengguna blackberry corporate (BES) dalam sebuah perusahaan dibatasi hak aksesnya oleh admin BES yang disebut IT Policy. Penerapannya misalnya tidak bisa browsing, tidak bisa instant messaging, tidak bisa install 3rd party applications. Nah ketika handheld tersebut akan dijual, anda perlu menghapus IT Policy dari handheld.

Warning :
Menu reset factory akan berakibat data seperti email, phone address, notes, calendar yang tersimpan di handheld akan terhapus. Lakukan backup data menggunakan Desktop Manager terlebih dahulu.




Semoga bermanfaat

4 komentar:

Amor Cbr said on 31 Maret 2010 pukul 20.38  

mantaaaaapp booss....lanjutkan...

Anonim said on 29 September 2011 pukul 00.32  

KEREN, TQ YA

Ichwan79 said on 22 Desember 2011 pukul 10.04  

Nice info dan thanks

zorzeltupperware said on 15 Agustus 2012 pukul 22.13  

postingan yg ZUPERRRRRRRRRRR.....! sekali...!
Matur Suwun

Posting Komentar